Electronic
Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan
bisnis (perniagaan/perdagangan)
atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Consumers),
Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries)
dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama
dengan menggunakan internet.
E-Commerce
memiliki 5 (lima) konsep dasar
:
• Automation
Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep
“enterprise resource planning”)
• Streamlining / Integration
Proses
yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”).
• Publishing
Kemudahan
berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa
yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)
• Interaction
Pertukaran
informasi/data
antar
pelaku
bisnis
dengan
meminimalisasikan human error (konsep “electronic data interchange”)
• Transaction
Kesepakatan
dua
pelaku
bisnis
untuk
bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep “electronic payment”)
Ruang Lingkup
E-Commerce
1.Business To Business (B2B)
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar kebutuhan pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu
3.Consumer To Consumer (C2C)
Merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
No comments:
Post a Comment